Kamis, 16 Juni 2011

Comlog - Cipeuteuy

Kegiatan Inventarisasi Sumber Daya Alam, Pemetaan dan Pendidikan Koperasi
Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi

Capaian Kegiatan

1. Telah dilakukan pembentukan dan penguatan kapasitas anggota tim, bertujuan untuk membangun pemahaman dengan ragam kegiatan yang dilakukan sehingga anggota tim siap bekerja dilapangan.

2. Membangun pemahaman dan kesepakatan bersama masyarakat tentang pelaksanaan pemetaan dan inventarisasi sumber daya alam dan lahan di dusun Pandan Arum, dusun Leuwiwaluh, dusun Cipeuteuy, dusun Arendah dan dusun Cisarua

3. Inventarisasi potensi sumber daya alam/lahan, telah dilakukan pendataan potensi lahan masyarakat dengan bersama-sama pemilik lahan. Jumlah responden yang didata sesuai target yang ditentukan sebanyak 317 orang/lahan, data tersebut sudah terkumpul dan sedang dalam proses pengolahan oleh tim yang bersangkutan.

4. Pemetaan lahan masyarakat, telah dilakukan pemetaan lahan masyarakat di desa Cipeuteuy sebanyak 112 lahan, dengan rincian sebagai berikut:
• Dusun Pandan Arum : 74 Lahan
• Dusun Cisarua : 20 Lahan
• Dusun Cipeuteuy : 8 Lahan
• Dusun Leuwiwaluh : 10 Lahan

5. Pemetaan Batas Luar Desa, telah dilakukan pengambilan titik GPS di sepanjang jalur pembatas desa Cipeuteuy dengan desa-desa di sekitarnya. Kegiatan ini dibagi menjadi 4 tahap:
• Tahap I dilakukan di batas sebelah utara desa Cipeuteuy yang berbatasan langsung dengan desa Purwabakti, Kecamata Pamijahan, Kabuipaten Bogor sampai dengan batas sebelah barat yang berbatasan langsung dengan desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.
• Tahap II dilakukan dibatas sebelah barat desa Cipeuteuy yang berbatasan langsung dengan desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor sampai dengan batas sebelah selatan yang berbatasan langsung dengan desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dan desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
• Tahap III dilakukan dibatas sebelah utara desa Cipeuteuy (coridor Gunung Halimun dan Salak) yang berbatasan langsung dengan desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor sampai dengan batas sebelah timur yang berbatasan langsung dengan desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
• Tahap IV dilakukan dibatas sebelah timur desa Cipeuteuy yang berbatasan langsung dengan desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi sampai dengan batas sebelah selatan sungai Citarik sebagai pembatas dengan desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Tim Fasilitator Inventarisasi dan Pemetaan
M. Muslich : Fasilitasi pelatihan Inventarisai
Sandika Ariansyah : Fasilitasi pelatihan Pemetaan
Annas Radin : Perekam proses

Tim Lapangan (Inventarisasi dan Pemetaan)
1 Wahyudin Robi
2 Wawi
3 Suryadi Suryaningrat
4 Kamal
5 Jaenudin
6 Odih
7 Warna
8 Wandi
9 Heriansyah
10 Saepullah
11 Rian Hidayat/Eno
12 Uep
13 Idih
14 Ojat
15 Embang
16 Edi
17 Dedi Odoy
18 Acun
19 Pepen
20 Hudri
21 Ghonjess
22 Ujang (Ketua RW)
23 M. Kosar
24 Adang
15 Idang (Kepala Dusun)


6. Pengambilan titik di seluruh ruas jalan dan fasilitas umum yang ada di desa Cipeuteuy, seperti: Sarana kesehatan, sarana peribadatan, sarana olah raga, sarana air desa, PDAM, sarana transportasi, pemakaman umum, terminal, jalan raya, gang dan jalan setapak.

7. Pendidikan Koperasi, telah dilakukan pendidikan koperasi kepada perwakilan masyarakat di masing-masing dusun yang dilaksanakan setiap sebulan sekali dengan tahapan sebagai berikut:
• Idiologisasi dan sharing pengetahuan dan pembangunan usaha melalui koperasi dengan di fasilitasi oleh Melvin Boy dan RA. Aziz (dukungan operasional Kencrengan BT Jabagbar)
• Pemaparan peraturan dan tatacara berkoperasi dengan difasilitasi oleh Rina Agustine dan Whisnu Tirta
• Pembuatan draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi dengan difasilitasi oleh Rina Agustine, Dion Dharmarini, Rainny Situmorang, Septi
• Mengembalikan kembali rancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi kepada perwakilan masyarakat yang terlibat untuk kemudian dipelajari dan dipahami lebih lanjut

Kegiatan diatas merupakan upaya lanjutan dalam rangka membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam perkoperasian yang telah dilakukan semenjak bulan Agustus sanpai Desember 2010 dengan bantuan operasional dari BT Jabagbar dan diteruskan dengan upaya pengalangan dukungan masyarakat dalam rangka pencalonan kepala desa pada bulan Januari sampai Maret 2011. Beberapa orang yang pernah terlibat dalam kegiatan tersebut adalah:
1) Rina Agustine
2) Hapsoro
3) RA. Aziz
4) Alex Tege
5) Ghonjess
6) Harry Kikuk
7) Khuznul

8. Community Learning Centre, dalam rangka penyebaran informasi publik melalui pembangunan kantor berita, radio komunitas dan warnet, dilaksanakan kerjasama program dengan ASTEKI yang dilakukan di bawah asistensi kotahujan.com melalui program pengembangan citizen journalism di desa Cipeuteuy. Hasil yang telah di capai:
• Keterlibatan kelompok tani dan pelestari alam (Kopel) dan kelompok tani babakan jaya mukti dalam ragam kegiatan CLC
• Belajar bersama melalui pelatihan dan peningkatan kapasitas pengurus CLC
• Peningkatan kualitas infrastuktur siaran dan penyebaran informasi
• Melakukan penyiaran pendidikan (pemutaran hasil rekaman proses pendidikan koperasi yang sedang berjalan, pemutaran film dokumenter madu alaha, the last frontier, guardian of javan hawk eagle)
• Update berita di halimun.kotahujan.com

Tim CLC Cipeuteuy
1. Asep Supriyadi
2. Heriansyah
3. Minta/Solib
4. Dani Adriansyah
5. Suryana
6. Achai
7. Engkos Kosasih/Ucok
8. Karsih
9. Wahyudin Robi
10. Jae/Artaen
11. Iyan
12. Agus
13. Eno/Rian
14. M. Kosar

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan yang telah di inisiasi bersama dengan PNM pada April 2010, dengan melakukan revitalisasi radio dan menggagas CLC Cipeuteuy, sistim kepemilikan yang ada adalah 50:50 dengan tujuan untuk menjaga konsistensi dan keberlanjutan program yang ada.

Tim yang terlibat
1. RR. Sigit
2. Dwi Lesmana
3. RA. Aziz
4. Adrianto Agung

Rencana Tindak Lanjut
Pemetaan
1. Batas lahan garapan masyarakat dengan Taman Nasional Gunung Halimun
2. Batas antar dusun
3. Batas tanah eks HGU Intan Hepta dengan tanah milik

CLC
1. Penguatan dan penambahan infrastruktur alat
2. Peningkatan kapasitas tim Kantor Berita dan Radio yang akan di sinergikan dengan kotahujan.com
3. Melanjukan pembuatan film dokumenter pengelolaan SDA dan lahan di kampung Sukagalih

Peta Partisipatif Desa Cipeuteuy

1 komentar:

Anonim mengatakan...

petanya bagus... jadi terlihat batas2nya